Abstrak
Kepuasan Masyrakat Terhadap Kualitas Layanan
Pembuatan E-KTP (Suatu Studi di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Untuk
meningkatkan pelayanan publik, pemerintah mengeluarkan kebijakan program e-KTP.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan e-KTP dan
tingkat kepuasaan masyarakat atas layanan e-KTP.Metode penelitiannya adalah
metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pembuatan e-KTP masih panjang dan
berbelit. 2) Masyarakat sangat mendukung atas program e-KTP, tetapi pelaksanaan
sentralistik, keterbatasan peralatan, ketidakjelasan jadwal perekaman, dan
listrik menjadi hambatan dalam pelayanan cepat dan tepat. Masyarakat puas atas
layanan petugas e-KTP ditandai semua variabel, yaitu variabel kehandalan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan masyarakat
dengan skor 81,50%, variabel ketanggapan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan masyarakat dengan skor 8,33%, variabel keyakinan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan dengan skor 84,66%, empatiberpengaruh signifikan
terhadap kepuasan masyarakat dengan skor 87,66%, dan variabel berwujud berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan masyarakat memiliki skor 86,83%. Rata-rata skor
sebesar 83,80. Semua variabel berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan
terhadap kepuasan masyarakat. Secara parsial variabel-variabel juga berpengaruh
terhadap kepuasan masyarakat. Darikelima variabel itu, variabel empati berpengaruh
paling dominan terhadap kepuasan masyarakat dengan skor 87,66%
.
Landasan Teori
Jurnal nnalasio
Tanggapan Informan Tentang Keyakinan
Aparat Petugas Perekam –KTP Sumber: hasil pengolahan kuesioner tentang
Tanggapan Informan Tentang KeyakinanAparat Petugas pembuat e-KTP terlihat
bahwa, indikator 1 (X3.1.)jawaban cukup baik, baik, dan sangat baik memiliki
skor 85,00%. Untuk indikator 2 (X3.2.),
jawaban cukup baik, baik, dan sangat
baik memiliki skor 85,00%. Indikator 3 (X3.3.),jawaban cukup baik, baik, dan
sangat baik memiliki skor 85,83%. Indikator 4 (X3.4.), jawaban cukup baik,
baik, dan sangat baikmemiliki skor 82,50%. Dan Indikator 5(X3.5.), jawaban
cukup baik, baik, dan sangat baik memiliki skor 85,00%. Dengan demikian rata-rata
skornya untuk variabel keyakinanadalah 84,66%.
Empati
Empati adalah perhatian dan
kepedulian secara individu yang diberikan pihak kantor kepada masyarakat (sikap
hangat, penuh pengertian dan perhatian). Aparat Petugas pembuat e-KTP terlihat
bahwa, indikator 1 (X4.1.) jawaban
cukup baik, baik, dan sangat baik
memiliki skor 87,50%. Untuk indikator 2 (X4.2.),jawaban cukup baik, baik, dan
sangat baik memiliki skor 89,99%. Indikator 3 (X4.3.), jawaban cukup baik,
baik, dan sangat baik memiliki skor 96,67%. Indikator 4 (
X4.4.), jawaban cukup baik, baik,
dan sangat baik memiliki skor 86,67%. Dan Indikator 5(X4.5), jawaban
cukup baik, baik, dan sangat baik
memiliki skor 77,49%. Dengan demikian rata-rata skornya untuk variabel
empatiadalah 87,66%.
Kesimpulan
1.Tentang proses pembuatan e-KTP
menurut versi pemerintah sangat simpel
dan mudah. Namun kenyataan tidaklah semudah itu, bahkan harus melalui prosedur
yang rumit dan berbelit. Bagi yang belum dapat panggilan dari RT/Kelurahan maka
warga
tersebut tidak bisa mengurus e-KTP.
Jadwal pemanggilan bergilir tidak
tentu, hal ini akan bermasalah karena ada sebagian warga yang ada agenda keluar
kota atau pindah domisili.
Faktor pendukung dan faktor
penghambat
Faktor pendukung,
1)
Terlihat
adanya perbaikan pemerintah untuk mewujudkan e-KTP. Seperti kebijakan program
e-KTP, dan kesungguhan dalam melaksanakan kebijakan itu.
2)
Masyarakat
memiliki kepentingan terhadap KTP, maka antusias masyarakat terhadap program
e-KTP sangat tinggi
3)
Lebih
memudahkan masyarakat dalam dimanapun dan berbagai keadaan
.
Faktor penghambat
1)
Keterbatasan
peralatan maupun proses pendistribusiannya
2)
Kurangnya
sosialisasi
3)
Keterbatasan
petugas pelayanan e-KTP
4)
Adanya
kendala teknis, seperti kerusakan pada sistem online di pusat
5)
Pelayanan
yang lama
6)
Waktu
servis peralatan sangat lama karena setiap peralatan yang rusak harus dibawa ke
Jakarta
7)
Ribet
dalam pengurusannya
0 comments:
Post a Comment